Memuat data…

0 Hasil Pencarian

Dengan semangat berbagi kepada sesamanya Damai Putra Group menyelenggarakan acara “Damai Putra Peduli” yang dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Juni…

10 Jenis & Manfaat Tanaman Indoor Untuk Area WFH

Pada masa pandemi covid-19 ini, banyak daerah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), sehingga sebagian karyawan harus berkerja dari rumah atau biasa disebut Work From Home (WFH), Dalam pelaksanaannya, Anda harus menyiapkan area khusus untuk menjadi ruang kerja. Mengatur ruang kerja tentunya harus dibuat senyaman mungkin, agar Anda dapat bekerja secara maksimal.

Meletakkan tanaman di area kerja, akan membawa suasana berbeda bagi Anda. Anda bisa meletakkan tanaman di sudut ruangan, sebelah komputer, dekat jendela, atau bahkan digantung. Tanaman dalam ruangan/tanaman indoor tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi ruangan, tetapi juga memiliki banyak manfaat lainnya, seperti membersihkan udara dan menghilangkan racun dari bahan-bahan di rumah seperti formaldehida yang biasa terdapat dalam karpet.

Akan tetapi, tidak semua jenis tanaman hias bisa dijadikan sebagai tanaman indoor. Dalam memilih tanaman indoor haruslah tanaman yang memiliki ketahanan hidup dalam ruangan. Misalnya tahan terhadap suhu ruangan, kelembaban yang rendah, sirkulasi udara yang relatif sedikit, kurangnya sinar matahari dan bisa menyesuaikan diri dengan ruangan ber AC. Ketahanan dalam ruangan tersebut minimal selama 2 minggu.

 

 

Berikut ini daftar 10 jenis tanaman indoor beserta manfaatnya;

  1. Kaktus (Pereda Radiasi)

Meski kecil dan berduri, ternyata kaktus mengeluarkan manfaat kesehatan yang besar. Tanaman yang mudah dirawat ini bisa mengurangi efek radiasi layar komputer dan alat elektronik lainnya. Cocok untuk diletakkan di meja kerja Anda atau sekaligus penghias hunian mungil di tengah kota, seperti apartemen.

  1. Lidah Mertua/Sansivera (Penghisap Debu)

Meski namanya lucu, tanaman lidah mertua memberi manfaat yang serius untuk ruangan Anda. Tanaman berbentuk runcing seperti lidah buaya ini dapat menyerap polusi udara serta debu  dalam rumah. Untuk Anda yang alergi debu, dapat mencoba meletakkan tanaman dalam pot ini di sudut ruangan, terutama dekat dengan pintu masuk.

  1. Palem (Menetralisir Asap Rokok)

Palem yang Anda letakkan dalam pot cantik dalam ruangan akan mencuri perhatian tersendiri. Selain menekankan unsur visual hunian bergaya tropis dan mediteranian, tanaman palem dapat menetralisir zat berbahaya dari asap rokok, seperti seperti formaldehida, benzena, dan karbonmonoksida.

  1. Lili Paris (Ubah Racun Menjadi Oksigen)

Lili paris mudah Anda jumpai di tempat penjual tanaman. Manfaat lili paris juga masif untuk kesehatan. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, lili paris dapat Anda letakkan di sudut atau tengah meja kosong dan biarkan ia menyerap karsinogen, benzena, dan nikotin, kemudian mengubahnya menjadi oksigen yang baik untuk kesehatan.

  1. Lidah Buaya (Pembersih Udara)

Lidah buaya dikenal sebagai pembersih udara ruangan. Menurut penelitian, satu pot lidah buaya hampir setara dengan sembilan pembersih udara biologis. Bisa dibayangkan betapa hebatnya lidah buaya dalam menyerap menyerap formaldehida monoksida, karbon dioksida dan karbon monoksida di dalam ruangan. Bahkan, saat jumlah racun di udara melebihi jumlah racun sehat dalam ruangan maka lidah buaya akan memberikan sinyal dengan munculnya bintik hitam pada sekujur tubuh runcingnya.  

  1. Tanaman Monstera (Menyerap CO2)

Monstera dapat menyerap CO2 dengan baik saat malam hari dan melepaskan oksigen. Sehingga, udara ruangan akan terasa lebih segar saat pagi hari. Selain itu, monstera juga dapat menyerap zat buruk, seperti formaldehida dengan baik

  1. Selasih (Pengusir Nyamuk)

Di daerah beriklim tropis seperti Indonesia, nyamuk tentunya sudah menjadi ‘teman’ sehari-hari kita. Semprot nyamuk biasanya digunakan sebagai senjata utama untuk membasmi teman menyebalkan satu ini. Sayangnya, kebanyakan semprot nyamuk masih mengandung bahan kimia berbahaya yang kurang baik untuk kesehatan keluarga. Nah, daripada menggunakan semprot nyamuk, kenapa tidak coba menanam tanaman pengusir nyamuk yang sudah jelas kealamiannya? Dengan memajang tanaman seperti selasih yang dibenci nyamuk, rumah akan terbebas dari gangguan serangga penghisap darah ini.

  1. Lavender (Relaksasi)

Meski terkenal sebagai tanaman pengusir nyamuk, sebenarnya lavender yang memiliki bunga berbentuk cantik masih memiliki manfaat lain bagi kesehatan. Lavender mampu mengeluarkan zat yag bisa membuat Anda merasa lebih relaks sehingga cocok untuk Anda yang sering sakit kepala dan susah tidur. Lavender akan sangat cocok bila Anda letakkan di ruang bersantai atau di sudut kamar tidur Anda.

  1. Sirih Gading (Meningkatkan Imunitas)

Tanaman hias seperti sirih gading telah terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Menurut studi, bangunan kantor Parharpur yang memiliki lebih dari 1.200 tanaman sirih gading adalah bangunan paling sehat di India. Dibanding pekerja di bangunan lain, karyawan kantor Parharpur menunjukkan tingkat penyakit harian (asma, iritasi mata, sakit kepala, masalah pernapasan) yang jauh lebih rendah. Memiliki tanaman dalam ruangan juga dapat membantu Anda meningkatkan kelembaban absolut, yang menurut penelitian oleh Oregon State University, membantu mencegah tersebarnya virus flu.

  1. Tanaman Kopi (Pengharum Ruangan Alami)

Anda penyuka kopi? Mengapa tidak meletakkan tanaman kopi di dalam ruangan sebagai penghias? Sebuah tanaman kopi arabika kecil punya visual yang sangat indah dan mudah dirawat. Selain itu, tanaman ini pun tentunya memiliki fungsi lain sebagi pengharum ruangan alami karena aromanya yang sangat wangi. Tanaman kopi sangat mudah dirawat, cukup berikan air saat pagi dan sore hari.

Inspirasi Lainnya

Anda sedang berencana membeli rumah pertama, mencari hunian untuk keluarga, atau mengembangkan bisnis? Kota Harapan Inda...

Tahun ini, "punya rumah sendiri" jadi urutan teratas resolusi Anda. Setelah mantap memutuskan membeli rumah, ada banyak...

Membuat resolusi dan harapan-harapan di tahun baru bisa membuat Anda lebih bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari;...

Tahun 2018 adalah tahun yang penuh tantangan di berbagai industri, semua pihak sangat berhati-hati untuk melakukan inves...

Melakukan Pencarian…
Spesifikasi Hunian
Wilayah
Budget

Temukan Hunian Idaman Anda

Saya ingin mencari hunian yang dilengkapi dengan:
Saya ingin tinggal di
Saya memiliki budget
Kembali Selanjutnya

Maaf, Properti Yang Anda
Cari Tidak Ditemukan.

Lihat properti lainnya yang sesuai kriteria rumah idaman Anda

Inilah hunian idaman Anda

L. Tanah 120 / L. Bangunan Var