Memuat data…

0 Hasil Pencarian

Dengan semangat berbagi kepada sesamanya Damai Putra Group menyelenggarakan acara “Damai Putra Peduli” yang dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Juni…

Tips Memulihkan Kondisi Keuangan Pasca Lebaran

Lebaran telah usai. Namun banyak hal yang Anda harus pikirkan setelah menikmati libur panjang Lebaran, salah satunya biaya hidup bulanan. Anda hanya punya sisa uang dari THR maupun gaji, sambil berpikir apakah cukup sampai akhir bulan. Tidak perlu bersedih hati, ada cara untuk menyehatkan kembali keuangan Anda usai Lebaran.

  1. Periksa Kembali Keuangan Anda

Periksa kembali pengeluaran apa saja yang dapat Anda batasi selama sebulan. Pisahkan antara kebutuhan menurut waktu pemenuhannya, antara kebutuhan yang mendesak dengan kebutuhan yang dapat ditunda. Buat daftar dan catat apa saja yang dapat dilakukan untuk menyehatkan kembali keuangan Anda. 

  1. Menyusun Kembali Anggaran

Susun kembali anggaran pengeluaran adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menyehatkan kembali keuangan pasca Lebaran. Anda bisa memulainya dengan melakukan satu hal, yaitu membatasi pengeluaran bulanan Anda, selain sandang dan pangan.

  1. Batasi Pengeluaran Harian

Kurangi pengeluaran harian, contohnya membawa bekal makan siang, menggunakan kendaraan umum alih-alih menggunakan kendaraan pribadi.

  1. Tetapkan Biaya Harian

Tetapkan berapa biaya yang Anda boleh keluarkan. Misalnya, setiap hari Anda menetapkan Rp 50.000 untuk kebutuhan belanja. Terapkan rencana biaya itu dengan konsisten.

  1. Tunda Belanja Barang yang Tidak Dibutuhkan

Untuk sementara waktu, tunda belanja barang-barang yang tidak Anda butuhkan.

  1. Tetap Menabung dan Sisihkan untuk Dana Darurat

Meski keuangan sedang menipis pasca Lebaran, disarankan Anda tetap menabung atau menyisihkan uang untuk dana darurat. Ambil saja dari hasil penghematan makan, transportasi, atau belanja.

  1. Cari Penghasilan Tambahan

Bila pengeluaran sudah berusaha Anda hemat, namun keuangan masih belum stabil, berarti Anda harus meningkatkan penghasilan. Anda dapat mencari pekerjaan tambahan tanpa mengeluarkan modal, seperti menjadi reseller dan jualan online, jadi freelancer, guru les privat, dll.

  1. Hindari Utang Konsumtif

Kalau keuangan lagi 'sakit' setelah libur panjang Lebaran, jangan menambah parah dengan berutang. Misalnya gesek kartu kredit untuk keperluan yang sifatnya konsumtif. Sebab, Anda pasti akan mendapat tagihan yang wajib dibayar. Ini akan menjadi beban keuangan Anda.

  1. Disiplin!

Lakukan pengecekan rutin terhadap keuangan Anda. Semakin Anda disiplin dalam menggunakan uang, semakin cepat pula Anda pulih dari masa krisis pasca Lebaran ini.

 

Selamat Mencoba...

 

Inspirasi Lainnya

Anda sedang berencana membeli rumah pertama, mencari hunian untuk keluarga, atau mengembangkan bisnis? Kota Harapan Inda...

Tahun ini, "punya rumah sendiri" jadi urutan teratas resolusi Anda. Setelah mantap memutuskan membeli rumah, ada banyak...

Membuat resolusi dan harapan-harapan di tahun baru bisa membuat Anda lebih bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari;...

Tahun 2018 adalah tahun yang penuh tantangan di berbagai industri, semua pihak sangat berhati-hati untuk melakukan inves...

Melakukan Pencarian…
Spesifikasi Hunian
Wilayah
Budget

Temukan Hunian Idaman Anda

Saya ingin mencari hunian yang dilengkapi dengan:
Saya ingin tinggal di
Saya memiliki budget
Kembali Selanjutnya

Maaf, Properti Yang Anda
Cari Tidak Ditemukan.

Lihat properti lainnya yang sesuai kriteria rumah idaman Anda

Inilah hunian idaman Anda

L. Tanah 120 / L. Bangunan Var